Rabu, 10 Desember 2014

PELUANG DAN RESIKO USAHA



buat adik-adik yang masih ngebahas apa sih itu peluang usaha dan resiko nya?
PELUANG USAHA Adalah target usaha yang didalamya terdapat keinginan dan kebutuhan yang akan dipenuhi atau dipenuhi seseorang atau kelompok.

Hukum Permintaan
Menyatakan bahwa jumlah permintaan berbanding terbalik dengan tingkat harga.
Artinya :
Jika harga suatu barang/jasa naik, maka jumlah barang/jasa yang diminta akan  turun. Jika harga suatu barang/jasa turun, maka jumlah barang/jasa yang diminta akan naik.

Hukum Penawaran
Menyatakan bahwa jumlah penawaran berbanding lurus (sejajar) dengan tingkat harga.
Artinya :
Jika harga suatu barang/jasa naik, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan akan  naik. Jika harga suatu barang/jasa turun, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan akan turun.
Hukum Penawaran ini berpengaruh terhadap keuntungan yang akan diperoleh wirausaha.

Langkah – langkah yang dapat ditempuh untuk menyeleksi ide usaha, antara lain :
1.         Menciptakan produk baru dan berbeda
2.         Mengamati pintu peluang
3.         Menganalisis produk & proses produksi secara mendalam
4.         Menaksir biaya awal
5.         Memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi
6.         Informasi terhadap minat dan daya beli konsumen
7.         Informasi mengenai manajemen usaha
8.         Informasi mengenai tenaga kerja
9.         Informasi mengenai perawatan peralatan
10.      Informasi mengenai adaministrasi pembukuan
11.      Informasi mengenai penelitian pengembangan

Pentingnya informasi dalam peluang usaha :
a.       Dapat mengirim dan materi informasi peluang usaha melalui berbagai media
b.       Meningkatkan kerjasama para wirausahawan
c.       Untuk mempercepat pengambilan keputusan dalam menentukan peluang usaha
d.       Membuka pemanfaatan peluang usaha yang ada
e.       Menggali peluang usaha, menyusun konsep usaha dan menciptakan nilai tambah yang menguntungkan

Sumber Informasi Peluang usaha
a.       Persyaratan sumber informasi peluang usaha, data informasi peluang usaha harus lengkap dipercaya dan harus berlaku
b.       Perolehan sumber informasi peluang usaha
1)          Dari pemasaran dan penjualan
2)          Dari pemasaran dan penjualan
3)          Dari kedudukan perusahaan dipasar
4)          Dari bagian pembukuan
5)          Dari hasil penelitian pasar
6)          Dari konsumen
7)          Dari hasil penelitian pemasaran
8)          Dari wilayah niaga
9)          Media masa
10)        Pemerintah
11)        Dan lain-lain

Ada 2 kelompok cara memperoleh sumber informasi peluang usaha :
a.       Sumber informasi primer (konsumen/pelanggan, pedagang, perantara, penjual enceran)
b.       Sumber informasi sekunder (catatan intern wirausahawa, pemerintah, data Biro Statistik, Kamar Dagang dan Industri/KADIN, media masa)

Mengidentifikasikan peluang usaha dapat dilakukan dengan cara :
a.     Belajar ilmu manajemen usaha
b.     Meminta jasa konsultan manajemen
c.     Meminta jasa keluar dan kenalan yang pintar dalam usaha
Dengan adanya informasi wirausaha dapat mengetahui peluang, ancaman usaha, kekuatan, kelemahan usaha (SWOT)

Menganalisis peluang usaha diawali melalui analisis SWOT :

STRENGTH        =  KEKUATAN
MELIPUTI PENGETAHUAN TENTANG USAHA, KETERAMPILAN MENGELOLA USAHA, PERMODALAN SERTA DUKUNGAN RELASI & KELUARGA.
WEAKNESS        =  KELEMAHAN
MELIPUTI PENGETAHUAN APA YANG MASIH DIPERLUKAN.
OPPORTUNITY  =  PELUANG
MELIPUTI KEKUATAN PASAR DAN KELANGSUNGAN PENGADAAN SERTA PODUKSI.
THREAT            =  KENDALA
                            MELIPUTI SIAPA PESAING KITA & SEBERAPA JAUH KEKUATAN MEREKA.


Persyaratan utama untuk menggali peluang usaha:
a.     Kerjasama
b.     Optimisme
c.     Keterbukaan
d.     Kreatif
e.     Bekerja prestatif
f.      Mendenganrkan saran orang lain
g.      Mengakui kesalahan sendiri dan percaya diri
Menurut Charlap 4 unsur yang harus dimiliki wirausahawan :
a.    Work Hard (kerja keras)
b.   Work smart (kerja keras)
c.    Enthusiasme (kegairahan)
d.   Service (Pelayanan)

Resiko yang mungkin terjadi dalam menjalankan suatu wirausaha :
1.     Resiko teknik           :  Berhubungan dengan proses pengembangan produk.
2.   Resiko pesaing         : Berhubungan dengan kemampuan dan kesediaan pesaing mempertahankan posisinya di pasar.
3.   Resiko finansial        :  Resiko yang timbul akibat ketidakcukupan finansial/dana baik dalam pengembangan produk maupun dalam menciptakan dan mempertahankan perusahaan untuk mendukung biayanproduk baru.

Resiko usaha dapat diatasi dengan cara :
1.     Keahlian mengambil resiko dalam usaha
2.     Resiko diketahui sebelumnya
3.     Resiko pertengahan usaha
4.     Resiko inisiatif dalam usaha
5.     Resiko di asuransikan
6.     Resiko usaha yang tidak diasuransikan
7.     Resiko dalam Persaingan
8.     Resiko dalam keuangan usaha
9.     Resiko dalam Pemasaran

Prosedur Menganalisis Resiko:
a.     Tujuan dan sasaran usaha
b.     Meneliti alternative resiko
c.     Merencanakan dan melaksanakan sebuah alternative
d.     Taksiran risiko usaha
e.     Mengumpulkan informasi usaha
f.      Mengurangi resiko usaha

Permasalahan yang timbul dari para wirausaha (pengusaha kecil) yang sulit untuk berkembang, antara lain :
1.     Kurangnya modal usaha
2.     Kurangnya bimbingan & penyuluhan dari pemerintah
3.     Sebagian besar usaha didominasi etnik Tionghoa
4.     Usaha masih didominasi orang yang bermodal kuat
5.     Usaha masoh didominasi modal asing
6.     Latar belakang usaha yang kurang memadai
7.     Kurangnya pengalaman dalam usaha
8.     Struktur ekonomi yang belum cocok dengan kondisi ekonomi dunia
9.     Modernisasi
10.  Hambatan nilai-nilai usaha di dalam masyarakat
11.  Latar belakang pendidikan wirausaha yang kurang memadai

Salah satu usaha pemerintah mendorong tumbuhnya dunia usaha dengan meningkatkan kebutuhan usaha dilakukan berbagai cara, diantaranya :
1.     Memberi kemudahan dalam mendirikan perusahaan
2.     Memberi kemudahan dalam mendapatkan kredit
3.     Mendirikan fasilitas perdagangan berupa kios/usaha yang murah
4.     Membuka atase perdagangan (tempat promosi/pameran di pusat-pusat perdagangan dunia)
5.     Mengeluarkan dan memberi lisensi istimewa terhadap produk tertentu
6.     Mendorong pertumbuhan ekonomi nasional
7.     Mendirikan dan membuka sekolah kejuruan dan kursus usaha, sekolah bisnis, inkubator bisnis, pelatihan bisnis  dan lain-lain.

Kementrian  yang ditunjuk pemerintah dalam membina usaha kecil & menengah adalah kementrian KUKM (Koperasi dan Usaha Kecil Menegah)

LINGKUNGAN USAHA
1.     Lingkungan Mikro
Adalah lingkungan yang berkaitan dengan operasional perusahaan. Seperti pemasok, karyawan, pemegang saham, manajer, direksi, distributor atau pelanggan/konsumen.
2.     Lingkungan Makro
Adalah lingkungan di luar perusahaan yang dapat mempengaruhi daya hidup perusahaan secara keseluruhan. Seperti lingkungan ekonomi, teknologi social politik, demografi (kependudukan) dan gaya hiidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar